10.10.08

memutar putaran tong setan



suasana tegang segera mencair ketika tiba-tiba pengendara sepeda pancal muncul ke atas hampir menyentuh permukaan bibir tong raksasa tempat penonton berdiri. sementara dua pengendra motor yang suaranya meraung, sejenak tadi turun ke dasar tong dan memperlambat kecepatan, setelah beraksi dalam adegan kejar-kejaran yang tak juga terkejar karena arena yang lingkar memutar. namun tak mengurangi semangat penonton untuk menjulurkan tangan memegang uang sawer. karena iming-iming uang ribuan itulah yang memungkinkan sang penghibur di dalam lingkaran maut untuk melanjutkan aksi dan menancap laju motor hingga kembali nyaris menyentuh permukaan tong.

mengiringi atraksi yang belangsung di dalam, suara arungan motor terdengar hingga di luar tong raksasa. tak heran jika loket kecil berpapan harga 4000 itu nampak dijejali masa. mereka rela mengantri untuk atraksi berikutnya. pemain cadangan yang sedang istirahat dari aksi tak hentinya meneriakkan yel yel pembangkit keingintahuan pengunjung.

tong setan ini hanya satu dari ratusan wahana hiburan yang digelar di pasar malam alon-alon ponorogo. dan padatan masa yang merubungi susunan kayu berbentuk tong raksasa itu hanyalah gerombolan kecil dari pengunjung, yang manjaga tradisi warga ponorogo untuk mengunjungi pasar malam, tiap kali lebaran tiba.

ketika sepeda motor dan mobil plat luar kota masih berjejal memenuhi parkiran. dan di sudut lain pickup serta truk masih dipenuhi orang-orang yang rela berdesakan di dalam bak terbukanya untuk mengunjungi alon-alon ponorogo, rasanya masih memungkinkan untuk rombongan atraksi tong setan itu kembali menghibur pengunjung pasar malam tahun-tahun berikutnya.

sementara warga menunggu untuk dihibur kembali tahun depan, para penghibur tak bisa menunggu. setelah libur lebaran selesai, dan kontrak 8juta rupiah untuk menempati sepetak lahan di alon-alon ponorogo berakhir, mereka segera membongkar tong raksasa menjadi balokan-balokan kayu kecil, yang siap dibangun kembali di kota-kota lain. begitu seterusnya, melanjutkan putaran tak berujung tanpa titik temu.









5 komentar:

Raden Mas Angki Bukaningrat mengatakan...

Kau yang sejati.
Berjuang dengan hati.

det mengatakan...

kayaknya itu di alun2 ponorogo deh..

Rey mengatakan...

kok alon2 ya? bukannya alun2? kalo alon-alon... asal kelakon =D

bima bijak mengatakan...

tong setan ini hanya satu dari ratusan wahana hiburan yang digelar di pasar malam alon-alon ponorogo.

dah lama tak lihat ini di alon-alon...karena dah lama ndak pulang kampung

powerhouse mengatakan...

Ada yg mau jual kerangka baja “tong setan” buatan jerman nih… info lengkapnya bs tanya pemilik : Drs. H. Moh. Yusuf Z.A (Pemilik) 021-7715292 atau 0813 7640 2453

Atau liat disitus : http://www.pwrhouse..co.cc